5:36:00 PM

Dilema, Dua Sisi Mata Uang

***

Pada dasarnya setiap pilihan itu memiliki konsekuensi, mau itu baik atau buruk… manusia memilih untuk memuaskan ego mengenai suatu hal yang diyakini benar… tidak ada seorang pun yang memilih suatu keburukan… setidaknya itu yang gw yakinin…

***

TA gw ntah gimana kabarnya sekarang… waktu ketemuan ama Mr. BIG terakhir kali kita dimarahin plus divonis gak bisa lulus Juli ini… hah “Kita”? “Mr. BIG”? Okeh gw ceritain dulu KK… jadi begini, di jurusan Sipil ITB ada 5 tema TA yaitu struktur, manajemen rekayasa konstruksi, geoteknik, transport, dan teknik sumberdaya air (diurutkan dari yang paling banyak peminat di angkatan 2004).. nah setiap TA itu dari program studi kita disarankan untuk berpartner, tandem, duet, double, atau apalah itu namanya… tapi itu bukan suatu keharusan, boleh juga sih sendirian buat orang2 yang songong, hahaha, nggak lah buat siapapun itu yang menganggap bahwasanya kerja sendiri itu lebih efektif dibanding 2 orang yang juntrungannya malah merugikan salah satu pihak… bukan suatu kebetulan belaka bahwa gw adalah seorang Geoteknik sejati… gw tetep aja keukeuh masuk Geoteknik walopun Mekanika Tanah II dan Pengantar Dinamika Tanah dan Rekayasa Gempa gw dapet C , yah walopun sebenernya Mekanika Tanah I dapet A dan Dinding Penahan Tanah serta Rekayasa Pondasi dapet B… tapi itu bukan track record yang bagus untuk meniti karir di Geoteknik yang sangat empiris dan bermodal pemahaman yang kudu mateng… simple aja kenapa gw milih Geotek, gw pengen ke lapangan, lapangan yang mengacu ke lapangan, hutan, bukan di kota layaknya lapangannya orang2 struktur yang dikelililngi beton, baja dan lain sebagainya walopun sebenernya geotekpun menjadi lumrah sama hal2 begituan…

Partner TA gw adalah Adhika Paratma Wisesa, berhubung nama Dhika tuh ada 4 di angkatan kita, oleh karena itu si dia yang tadi gw sebutin namanya kita singkat aja jadi PW…jadi jelas kan definisi “Kita” di sini mengacu pada siapa… Mr BIG? Dia itu pembimbing gw, Dr. Ir. Bigman Marihat Hutapea, M.Sc… dari namanya aja udah ketauan dari mana beliau berasal… btw nama ini bukan sekedar nama, kata orang bijak nama adalah sebuah doa dan pengharapan… dan itu benar, mamaknya di Toba sana patut menyukuri nama yang ia berikan pada anaknya yang tecermin secara denotatif maupun konotatif… tapi gw masih tidak yakin apakah “orang besar” itu bisa main musik apa enggak layaknya Mr. BIG… ya sutra lah…

Nah… singkat cerita tema TA gw adalah Basement 4 lantai Bakrie Tower Rasuna Epicentrum di Jakarta. Gw memodelkan Basement itu pake software finite element Plaxis, sebelumnya beliau nyuruh kita buat mempelajari manualnya sampe bener2 “ngolotok”… awalnya gw pikir ya udah sambil jalan aja belajarnya, datanya dulu siniin… pas kita ngadep disemprot aja gitu ama Mr. BIG abisnya kita gak bisa ngejelasin tu software kerjanya gimana… “Gw gak suka kaya gini” gitu katanya…”You berapa SKS sekarang? Masih 16 SKS sama 15 SKS? klo gitu you lulus Oktober aja, you harus meng-0-kan dulu SKSnya,sebenernya itu yang terberat ”…

Langsung atau nggak, itu yang bikin gw kurang greget pada akhirnya… ngapain cepet2 toh nantinya gw lulus oktober juga, nyante we lah… walhasil dari tenggat waktu yang beliau kasih selama seminggu akhirnya molor ampe 3 minggu (mungkin 4 minggu karena sampe detik ini gw belom ketemu lagi ama Mr. BIG walopun sebenernya kerjaan gw udah kelar, tinggal nyetor progress aja…)

Walopun gw anak Geotek, gw magang di lab Uji Model Hidrolika yang notabene adalah lab air… yang ini dilatarbelakangi oleh keinginan gw nyari pengalaman proyek yang mana di lab mekanika tanah gw gak diterima akibat Mektan II gw C… selain gw si geotek murtad, ada 2 orang lagi yang seangkatan di lab air, devi ama eka… mereka air tulen… and you know… mereka udah seminar TA aja gitu… sementara gw… jadi ngiri KK…

Nah, di lab ini ternyata ada kerjaan buat gw ntar bulan juni-juli… setelah kelar ngbantuin ngegarap proyek Rembang ama Teluk Naga sambil sesekali bantuin Jambi, gw dapet kesempatan lagi buat join proyek Bengkulu… konon katanya akibat si gw, the one and the only geotek nyasar disini, makanya gw dilibatkan di proyek topografinya nanti bareng orang-orang lab geoteknik PPAU anak buah Dr. Ir. I Wayan Sengara, MSCE yang dulu pernah membuat gw meradang dengan memberi kenang2an nilai C Mektan II di transkrip… anyway, di satu sisi gw seneng banget buat ngerjain proyek ini ntar, karena gw bakalan ke lapangan langsung… lapangan cuy, kerjaan yang gw tunggu2 dari sejak gw masuk lab ini, untuk proyek sebelumnya gw stand by mulu di lab ngejugrug di depan kompie… pengalaman baru buat gw… tapi klo misalnya gw ke lapangan nanti, apa kabar TA gw yah? Apalagi ntar gw kudu stand by di lapangan selama mungkin 2 bulan… ah, dilema buat gw, proyek atau TA? Proyek atau TA? Proyek atau TA? Klo proyek, bisa2 gw malah nyasar ke Maret gak jadi oktober, tapi kalo TA, sayang kesempatan ini gw lewatin… yah sekali lagi gw harus memilih… seperti saat gw memilih untuk menghitamkan bulatan hitam kode Teknik Sipil alih-alih Teknik Pertambangan atau Geologi…

Memilih… hidup untuk memilih….

2 komentar:

VaILiXI said... @ 27 April, 2008 23:57

jup, klo gue pilih yang ngasih duit aja...
Hahahahaha...
No offese... :D

Anonymous said... @ 28 April, 2008 20:14

betollll sekali kawan ;o