4:09:00 PM

Ketika Singing Contest Menjadi sebuah Dagelan



Ditanya mengenai acara tv kesukaan gw –tentu saja setelah jejak petualangnya Riyanni Djangkaru- pasti akan gw jawab dengan senang hati, “Indonesian Idol”… taon ini adalah season ke-5 nya, sebenernya ketika gw ngikutin dari mulai audisi ampe workshop sekarang, gw udah optimis bahwasanya jawara kali ini gak bakal jadi semacam Delon si manusia hoki “jawara cabutan” idol pertama dan Ihsan si jawara jual kasian idol 3… tapi ternyata setelah hasil workshop kontestan cewek, kayanya ada baiknya kalo gw mengganti huruf “op-” jadi “pe-“ pada kata “optimis”…

Workshop cewek kemaren dagelan abis buoy… singing contest yang seharusnya jual suara malah jadi dagelan cerita cengeng dan jual tampang.. ketika menyanyi bukan parameter orang Endonesa memberikan vote, maka hasilnya adalah Gisel dan Safina… sangat disayangkan model suara macem Anggun C Sasmi-nya Yuka kudu kandas ditelan kelucuan tampang bonekanya Gisel, si Mey Chan gadungan.. Ibeth yang banjir pujian dan timbre suaranya khas itu juga takluk sama hokinya Safina…

Nah, nama terakhir ini yang parah… gw yang kupingnya conge atau semua yang vote itu lebih conge dan matanya picek apa yak?.... dari segi penampilan gak ada sama sekali yang istimewa dari orang itu, bahkan ke-3 dewan juri (untuk babak ini lebih tepat disebut komentator daripada juri, gak percaya? Silakan buka KBBI dan cari perbedaan pengertian “juri” dengan “komentator”…) menyebutkan bahwa penampilan Safina berkesan sangat amatir, kaya orang baru belajar nyanyi… terlihat posisinya lemah, tapi sayang sekali vote antiklimaks dengan dugaan ke-3 juri itu-dan juga gw-, Safina go to spectacular show!!! Uff ufff ufffff… bingung gw, cantik kagak, suara ble’e, kok bisa lolos… ah, mungkin “Arab-connection” berperan di situ…


nah ini safira... setujukah ama gw kawan2?


Gisel si Mey Chan gadungan ini, pun demikian halnya.. tapi gw gak begitu heran karena dia cantik, nah Safira?.... beuh… yang kasian adalah Wulan, pada dasarnya gw gak suka ama vokalnya dia… STD… ketika workshop pertama dia terlihat tidak PD, tampil pake topi dengan alibi menutupi wajahnya yang terkesan membuat dia sendiri berani mengakui bahwa dia tidak cantik (amelioratif dari jelek)… tapi di workshop kali ini dengan PDnya dia buka topi, melenggak-lenggok berasa tu panggung punya moyangnya dia, atraktif, dan sempat mendapat beberapa pujian walaupun tidak “wah”… ketika putusan dibaca oleh duet gado2 bule-cina, dewi Sandra dan Daniel Mananta, si Wulan ini bediri ama Gisel… dan salah satu dari mereka akan tersisih… sebelum keputusan dibacain gw udah super-duper-yakin bahwa klo Gisel akan mempecundangi Wulan, walopun nyanyinya dia seperti William Hung sekalipun… bener aja… Wulan kesisih, Gisel lolos… keliatan banget muka kecewa Wulan, klo gw boleh sotoy, pada saat itu Wulan makin berasa bahwa dunia gak berpihak kepada gadis jelek bertalenta sepertinya, setidaknya -mungkin- semakin melengkapi ketidakberpihakan Tuhan terhadap getir kehidupannya… dunia memang pahit mbak…

Mey Chan gadungan...

Buat Ibeth emang 50-50 sih, bagus tapi ada yang lebih bagus-mukanya- tapi jelek –suaranya- yang jadi lawan dia…Bat eniwey,… congrats buat yang udah lolos: Dela si muka Julia Perez tapi tidak terimakasih untuk body-nya , Tifany si Julie Estelle palsu beralis seperti Sinchan, Dyna si cewek jualan cerita cengeng penjara tapi mukanya lucu abis, kalian semua cukup pantas masuk spekta… khusus Tifany, setidaknya untuk dinilai pada malam itu dia cukup bagus, klo seperti workshop sebelumnya gw juga akan mencecar seperti halnya pada Gisel…

Dan sayangnya si eksotis Yuka dengan suara Anggun C Sasmi-nya harus balik ke Medan… sejujurnya masih pengen denger suaranya, untuk wild card gw jagoin dia…

yuka.. tipikal suaranya mirip Anggun C Sasmi buoy...! kudu masuk wild card ini...

Oh iya beberapa rikues gw untuk idol 5 ini:

  1. Anang Hermasnyah sebaiknya tidak usah berkomentar, gak mutu…
  2. Setelah juri berkomentar sebaiknya kontestan diem, bikin keder aja… kata2 “saya sudah maksimal, jika diberi kesempatan pasti saya akan lebih baik lagi” seharusnya gak perlu disebutin… lha wong udah workshop ya udah maksimal… so,masalah kesempatan itu akan datang dengan sendirinya klo misalnya lu2 pade maksimal…
  3. Jangan undang Rossa sebagai komentator tamu lagi, komentarnya terlalu cari aman, gak objektif dan cenderung sebagai “komentar pelipur lara dan penyemangat yang tidak membuat jadi semangat”
  4. Ini singing contest, kayanya gak perlu deh nampilin background sedih kontestan seperti telepon dari ibunya Dyna di penjara dll
  5. Semoga ekspektasi gw tidak berlebihan untuk berharap di album idol nanti gak usah deh ada acara lagu lama di recycle lagi… basi…

4 komentar:

Anonymous said... @ 13 May, 2008 18:56

hahaha pedes pisan kritik maneh..

aing satuju 100%..

Anonymous said... @ 13 May, 2008 20:15

aing kecewa ma... nu goreng kalahkah asup... nu alus tereliminasi...

Anonymous said... @ 11 December, 2008 09:22

klo cerewet ngomentarin indo idol, taon depan g usa ntn mas,, pake bw2 bentuk fisik org sgala..

Anonymous said... @ 09 January, 2011 00:52

Il semble que vous soyez un expert dans ce domaine, vos remarques sont tres interessantes, merci.

- Daniel